Selasa, 29 Januari 2013

BERKAT ISTIMEWA UNTUK MANUSIA


Berkat-Berkat Istimewa untuk Manusia
(Kejadian 1:28-29)

Kita telah belajar bahwa Allah menciptakan manusia dengan sangat spesial. Keistimewaan itu kita dapat lihat dari proses awal hingga jadinya. Allah terlebih dahulu mengadakan musyawarah sebelum mengkreasi bentuk manusia. Allah mengkreasi manusia menurut rupa dan gambarNya. Ini tentu berhubungan dengan betapa sangat spesialnya manusia di mata Tuhan. Nah sekarang kita akan belajar berkat-berkat istimewa yang Tuhan berikan kepada manusia setelah diciptakan. Dengan begitu kita bisa belajar lebih mengucap syukur kepadaNya atas segala hal yang telah dikerjakanNya untuk kebaikan kita.


Mari kita baca Kejadian 1:28-29: “Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi." Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu.”

Dengan mempelajari ayat ini kita akan dapat menarik beberapa poin penting untuk kita pahami sehingga kita dapat meraihnya. Ada hal yang penting kita mengerti yaitu mengetahui harta terpendam kita sehingga kita dapat menggalinya. Dengan mengetahui berkat itu kita dapat mengklaimnya dalam kehidupan kita. Paling tidak kita akan mempelajari 4 berkat istimewa yang Allah berikan khusus kepada manusia:
1.      Berbuah dan bermultiplikasi (Be fruitful, and multiply).

Dalam terjemahan KJV, kita bertemu kata be fruitful yang artinya berbuah penuh. Dalam dunia medis ada istilah pembuahan yaitu proses bertemunya sel sperma dengan sel telur di rahim seorang perempuan. Kata be fruitful itu dapat berarti pembuahan yang sempurna. Jadi berkat istimewa yang pertama kita pelajari adalah berkat atas rahim seorang isteri. Karena diberkati Tuhan, maka rahim seorang isteri orang Kristen tidak akan mengalami kemandulan. Isteri seorang kristen akan melahirkan dengan sempurna tanpa cacat tubuh atau keguguran. Sejatinya orang yang dalam Kristus tidak akan mengalami kemandulan. Kalau kita membaca Ulangan 7:14: “Engkau akan diberkati lebih dari pada segala bangsa: tidak akan ada laki-laki atau perempuan yang mandul di antaramu, ataupun di antara hewanmu.” Kita akan melihat bahwa Tuhan juga memberkati seorang laki-laki sama seperti perempuan sehingga seorang suami kristen tidak akan mengalami kemandulan atau sejenisnya. Kalau kita hidup dalam Kristus, maka berkat keturanan yang sempurna akan menjadi milik kita. Anak-anak kita akan lahir tepat pada waktunya dan akan bertumbuh sehat tanpa cacat tubuh dan atau penyakit.

2.      Replenish the earth, and subdue it.

Menaklukkan bumi di sini dapat berarti bukan menghambakan diri pada dunia. Dengan kata lain, kita diberikan otoritas untuk tidak takluk atau terseret dengan sistem dalam dunia. Dalam bahasa Yunani, kata KOSMOS dapat juga berarti sebuah sistem dunia. Kita memang di utus ke dunia, tetapi tidak untuk tunduk pada sistem dunia yang salah. Kita hanya akan mengikuti sistem yang benar dan seturut firman Tuhan. Anda semua mengerti kita hidup dalam dunia yang jahat. Setiap hari kita berhadapan dengan sistem yang selalu memojokkan iman percaya kita. Banyak orang Kristen akhirnya kompromi dengan alasan cerdik seperti ular sehingga kesaksian iman mereka menjadi luntur. Misalnya kebiasaan menyuap aparat yang korup. Mulai dari administrasi pemerintahan hingga soal keamanan. Kita setiap hari disudutkan untuk tunduk pada sistem, padahal Alkitab mengatakan bahwa kita akan menaklukkan sistem dunia ini. Suatu hari saya disemprot oleh bos karena menolak membayar uang pelicin agar salah satu proyek di kantor berjalan mulus. Saya memang menolak untuk memberikan uang di luar biaya resmi, tetapi sebagai akibatnya, layanan yang seharusnya sudah diterima tak kunjung tiba. Bos saya akhirnya memerintahkan seorang kurir untuk menyerahkan “tip” dan memang ajaib, layanan segera meluncur tak lebih dari satu hari. Saudara, kita seharusnya tidak tunduk tetapi menaklukkan sistem dunia yang tidak benar sehingga kesaksian kita hidup.

3.      and have dominion over the

kata dominion dapat bermakna mengungguli, mendominasi. Jadi sebagai mahkota ciptaan, manusia diberikan hak untuk mengungguli semua ciptaan lain. Manusia tidak di utus untuk melayani apalagi menyembah salah satu dari ciptaan itu bukan? Sungguh satu hal yang sangat keliru, jika akhirnya manusia terjerembab dalam kenistaan saat menundukkan kepalanya kepada ciptaan lain. Bahkan yang lebih parah adalah ketika manusia mengagungkan dan menyembah mahluk ciptaan lain. Setan memang bekerja keras dan sangat sukses menyerongkan kecenderungan manusia ke arah yang keliru. Manusia begitu gampang terseret dan menjadi penyembah sesuatu yang bukan pencipta, dan membelakangi Sang Pencipta.

4.      Pemenuhan segala kebutuhan kita oleh alam.

Satu hal yang sangat menarik saya pelajari dari kedua ayat di atas adalah kelimpahan. Allah menyediakan segala yang perlu untuk memenuhi kebutuhan kita di alam ini. Segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji berarti semua tumbuh-tumbuhan yang memiliki biji. Segalam pohon-pohon yang berbuah artinya buah-buahan.  Menyangkut makanan, Tuhan merencanakan sejak awal agar kita mengkonsumsi tumbuhan-tumbuhan dan buah-buahan saja. Namun sejak kejatuhan Adam, manusia beralih menjadi predator yang mengkonsumsi daging.  Sejak itulah timbul berbagai masalah kesehatan. Penyakit mulai menggerogoti tubuh manusia karena mengkonsumsi makanan yang tidak tepat. Andai saja manusia kembali mengkonsumsi tumbuh-tumbuhan dan buahnya, tentu akan lebih sehat bukan? Satu hal yang penting dalam hal ini adalah bahwa anak-anak Tuhan tidak akan mengalami kelaparan jika mereka sungguh-sungguh hidup dalam jalan-jalanNya. Amin!


Intisari khotbah Pdt. Joshua MS dalam Ibadah Raya Hati Nurani Ministries Jakarta, Minggu, 22 Juni 2008.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar