Minggu, 20 Januari 2013

Be Impact!


Bangkitlah dan Jadilah Pemenang
Yesaya  60:1-22

Ayat Kunci yang akan kita pelajari hari ini adalah: “Bangkitlah, menjadi teranglah, sebab terangmu datang, dan kemuliaan  TUHAN terbit atasmu.”(1) “Arise, shine; for thy light is come, and the glory of the LORD is risen upon thee.” (KJV)


Marilah kita mempelajari kata demi kata yang nanti akan menajadi benang simpul dalam kita menarik inti pesan Nabi Yesaya. Kata Arise dalam KJ berarti bangunlah, atau bangkitlah. Kata ini sebenarnya sedikit aneh karena dihubungkan dengan kalimat: “Sebab sesungguhnya, kegelapan menutupi bumi, dan kekelaman menutupi bangsa-bangsa.” (2a) Kita baca dalam KJV: “For, behold, the darkness shall cover the earth, and gross darkness the people.” Saya menterjemahkannya:  “Karena kegelapan telah menjadi sampul dunia dan umat manusia penuh dengan kotoran.” Dunia yang gelap ini memang tidak terhubung dengan sinar matahari tetapi berarti kebobrokan moralitas manusia yang bahkan telah menjadikan kebobrokan itu sebagai sampul depan (cover) hidup mereka. Mereka sudah terbiasa sehingga sudah menjadi ciri khas bila hidup dalam kekotoran. Israel telah jatuh demikian dalam sehingga Allah melihat pembungkus mereka adalah kegelapan dan kotoran. Dalam kenyataannya, hidup manusia di zaman ini digambarkan dengan tepat di ayat ini. Kita sedang berdiam ditengah-tengah dunia yang kotor dan gelap. Penuh rupa kebobrokan moralitas yang sangat gelap. Dan anehnya, manusia di zaman ini sudahmenjadikan kebobrokan tersebut sebgai cover atau sampul depan buku kehidupan mereka.

Saudara saudara, kita hidup dalam dunia dengan sistem kosmik yang rusak dan di isi komunitas yang semakin jahat. Sistem kosmik yang semakin hancur dapat kita lihat penurunan kadar kehidupan karena planet yang kita tempati ini semakin buruk. Udara yagn kita hiruf penuh racun, makanan kita hampir semua akrab dengan pestisida, lingkungan hidup kita rawan bencana, dan yagn lebih menakutkan adalah kita menempati planet yang semakin hari semakin panas sebagai akibat pemanasan global (global warming) yang kesemuanya itu terkait erat dengan kebobrokan moralitas umat manusia. Alkitab memang telah mengatakan dalam Lukas  21:11: “dan akan terjadi gempa bumi yang dahsyat dan di berbagai tempat akan ada penyakit sampar dan kelaparan, dan akan terjadi juga hal-hal yang mengejutkan dan tanda-tanda yang dahsyat dari langit.”

Kita akan selalu menemukan dua jenis komunitas yang berbeda extrim di zaman ini.satu kelompok umat manusia yang melekatkan hati dan jiwanya kepada Tuhan secara total dan satu lagi kelompok manusia yang membelakangi Allah. Kelompok yang membelakangi Allah ini memiliki perilaku bobrok seperti perilaku seksual amoral, narkoba, alkoholik, premanisme, perdukunan, penyembahan berhala, kesombongan, dan lain sebagainya. Bacalah Wahyu  22:11: “Barangsiapa yang berbuat jahat, biarlah ia terus berbuat jahat; barangsiapa yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan barangsiapa yang benar, biarlah ia terus berbuat kebenaran; barangsiapa yang kudus, biarlah ia terus menguduskan dirinya!"

Allah menginginkan kita bangun, bangkit, dan meninggalkan kegelapan dunia dan komunitas ini. Jangan tinggal di sana tetapi bangkitlah dan tinggalkan segala kegelapan, kejahatan, DAN KECEMARAN. Dan hanya Yesus Kristus yang telah lahir 2000 tahun lalu yang dapat menolong kita melakukannya. Terimalah Dia sebagai Juruselamatmu dan engkau akan menjadi pemuda dan pemudi Kristen yang berbeda.

Jadi yang perlu anda lakukan sekarang adalah: Mendengar Firman Tuhan, percaya dan terima Tuhan Yesus Kristus. (Yoh 10:9, Kis 16:31) karena dengan pendengaran akan firmanNya, itu yang akan bekerja sehingga timbul penyesalan yang bermuara pada pertobatan hati (Kis 3:19, Yoel 2:12-13). Pertobatan itulah yang menghubungkan kita kembali dengan Tuhan.

Kata ke dua adalah Shine: Memancar (bercahaya). Dalam ayat 2b kita membaca: “tetapi terang TUHAN terbit atasmu, dan kemuliaan-Nya menjadi nyata atasmu.” Terjemahan KJV: “but the LORD shall arise upon thee, and his glory shall be seen upon thee.” Terjemahan bebas dalam Bahasa Indonesia: “tetapi Allah akan bangkit atasmu, dan kemuliaanNya akan kelihatan atasmu.”

Yesus adalah terang dunia dan kita harus mengikutiNya sehingga terangnya itu nyata atas kita. Bacalah Yohanes  8:12: “Maka Yesus berkata pula kepada orang banyak, kata-Nya: "Akulah terang dunia; barangsiapa mengikut Aku, ia tidak akan berjalan dalam kegelapan, melainkan ia akan mempunyai terang hidup." Kita adalah terang dunia karena Kristus ada dalam kita. Terang Kristus itu yang memancar melalui kita sehingga kegelapn dalam dunia dimana kita berada akan tersingkir. Bacal lagi Matius  5:14: “Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.”

Jadi kehidupan yang berdampak pada komunitas adalah ketika Kristus berdiam dalam kita. Saudara adalah terang dunia yang harus memancarkannya sehingga kegelapan menjadi sirna dari tengah-tengah kuminitas di mana saudara berada. Jangan takut berdiri di dalam firmanNya, sebab Ia berjanji menyertai kita senantiasa.  Ia yang akan meneguhkan segala firmanNya dan menggenapinya sehingga kesaksian kita menjadi nayata dan dunia dapat menjadi percaya. Bacalah ayat yang sangat menghiburkan dalam Kisah Para Rasul  18:10 “Sebab Aku menyertai engkau dan tidak ada seorang pun yang akan menjamah dan menganiaya engkau, sebab banyak umat-Ku di kota ini."

Intisari khotbah Pdt. Joshua MS dalam Kebaktian KKR/Natal Pemuda GKH Pademangan Jakarta Utara. 24 Desember 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar