Kamis, 02 Mei 2013

KESEMPATAN MELAYANI BERSAMA CONSCIENCE FOUNDATION


KESEMPATAN MELAYANI MELALUI YAYASAN HATI NURANI

Adalah sukacita yang sangat besar dapat mengunjungi saudara-saudari di dalam Tuhan Yesus melalui media ini. Tentunya segala pujian dan hormat layaklah kita persembahkan kepada Tuhan Yesus Raja segala raja yang telah mempercayakan kita hidup dan melayaniNya hingga hari ini.


Tuhan Yesus dalam perumpamaanNya mengatakan: “Mengapa kamu menganggur saja di sini sepanjang hari?” (Matius 20:6). Perumpamaan ini mengandung pengertian yang sangat jelas mengenai motivasi untuk mengambil bagian dalam pekerjaan di ladangNya. Tuhan Yesus menghendaki kita semua menjadi alatNya. Dia menghendaki kita semua melayani di ladangNya berdasarkan talenta kita.

Memang  banyak alasan mengapa orang Kristen enggan melayani. Kita melihat misalnya dalam Matius 25:19-30. Disana Tuhan Yesus memaparkan salah seorang yang telah dikarunia talenta namun tidak mau bekerja. Alasan orang tersebut tidak mau bekerja adalah karena tidak merasa akan mendapatkan untung apa-apa. Memang banyak sekali orang Kristen justru merasa rugi kalau memberikan waktunya untuk bekerja diladangNya.

Namun, faktor yang paling utama dari masalah mengapa orang percaya enggan melayani adalah Matius 20:7: “kata mereka kepadanya, ‘karena tidak ada orang yang mengupah kami.” Permasalahan yang ada lebih berkisar kepada lembaga atau wadah pelayanan yang tidak membuka diri terhadap peran serta orang awan dalam pelayanan. Beberapa di antara wadah Kristiani menolak peran serta orang awan dalam pelayanan.

Atau mungkin lebih tepat, wadah-wadah Kristiani ini tidak memberikan kesempatan kepada kaum awam untuk terjun lebih jauh dalam pelayanan. Kaum awam dibatasi hanya dalam lingkup tertentu saja. Makanya kita akhirnya mengenal istilah kaum awam dankaum rohaniawan. Padahal Injil tidak pernah mengajarkan hal tersebut. “Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. Supaya kamu memberitakan perbuatan perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggila kamu kelauar dari kegelapan kepada terangNya yang ajaib.” (Ibrani 2:9)

Kesimpulan yang sebenarnya adalah bahwa semua orang percaya adalah imam yang berhak ikut ambil bagian dalam pelayanan. Tentu jelas berdasarkan telenta dan karunia yang diberikan kepada kita. meman beberapa diantara kita telah dikarunia anugerah untuk menjadi gembala sidang, menjadi guru, rasul, nabi, penginjil. Namun pada prinsifnya, kita semua adalah pelayan yang diharapkan tidak berpangku tangan saja. Tuhan Yesus telah menyuruh kita untuk ambil bagian dalam pekerjaan di ladangNya: “Katanya kepada mereka: ‘pergi jugalah kamu ke kebun anggurku dan apa yang pantas akan kuberikan kepadamu’. (Matius 20:4)

Injil menuliskan bahwa Yesus Kristus telah melihat ladang sudah menguning dan siap untuk dituai, namun apalah daya pekerja sedikit. (Matius 9:37). Mengapa demikian adanya? Tentu seperti disebutkan tadi di atas, birokrasi dalam lingkup pelayanan serta pengajaran yang kurang berimbang dalam konteks perekrutan pelayan menjadi faktor yang sangat berperan. Oleh karena hal tersebutlah maka Tuhan Yesus menyuruh kita meminta kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja (Matius 9:38).2.

Yayasan Hati Nurani merupakan sebuah ladang pelayan yang membutuhkan banyak pekerja. Saya selaku pembina di yayasan ini memberikan kesempatan dan peluang pelayanan yang seluas-luasnya kepada semua orang Kristen. Anda tidak perlu bergelar sarjana theologia dulu baru dapat bergabung dalam tim pelayanan kami. Memang dalam beberapa hal kami memerlukan sarjana-sarjana Alkitab dalam pelayanan pastoral di 4 cabang ministry yang sudah kami buka, tetapi masih ada sedemikian luas bidang pelayanan yang lain yang membutuhkan banyak pekerja.

Yayasan Hati Nurani memiliki 3 pilar pelayan yang kami sebut sebagai berikut:
1.      Divisi Ministries, adalah divisi yang membidangi pelayanan gerejawi pada umumnya.
2.      Divisi Pendidikan, adalah divisi yang membidangi pelayanan pendidikan formal mulai dari Sekolah TK sampai Perguruan Tinggi
3.      Divisi Sosial, adalah Divisi yang melayani kaum marginal. Mulai dari pelayanan di panti-panti sosial, hingga santunan diakonia bagi para janda-janda Kristen dan yatim piatu

Disamping ketiga Divisi tersebut, Yayasan juga membutuhkan pekerja-pekerja yang siap untuk melayani sebagai staf sekretariat. Kami memerlukan pekerja yang ahli komputer untuk mengelola website. Dan masih ada demikian banyak lagi pelayanan yang tersedia dalam wadah Yayasan Hati Nurani. Ijinkanlah melalui medaia ini saya menghimbau komunitas Kristiani yang mengasihi sesamanya untuk bergabung bersama kami melayaniNya. Apapun talenta saudara, pasti berguna di tempat kami. Segera kirimkan cv anda ke yayasanhatinurani@yahoo.com atau kirimkan ke Sekretariat Yayasan Hati Nurani; Komplek Pertokoan Pulomas Blok XI/2 Jl. Perintis Kemerdekaan Jakarta Timur. Dengan sukacita kami akan menyambut saudara.

Salam dan doa kami,

Ps Joshua Mangiring Sinaga, S.Th; M.Th (Founder)
Henri Wono Wong, SE, MM (Direktur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar