Minggu, 07 April 2013

MELAYANI SEBAGAI SEORANG HAMBA


Yesus Datang Sebagai Hamba
Nast: Yesaya 42:1-4

Natal adalah peristiwa kelahiran Yesus sebagai manusia di dunia. KedatanganNya adalah sebuah pengorbanan yang sangat besar. Dia tidak datang dengan hinggar binggar pesta atau sambutan seremonial seperti layakknya seorang raja duniawi. Dia datang bukan juga dalam pakaian raja yang Maha Agung namun dalam kesederhanaan sebagai bayi kecil di kandang domba. Sungguh sangat berbeda bila dibandingkan dengan kelahiran raja-raja duniawi yang disambut dan dipersiapkan dengan begitu khusus dan istimewa.

Kita melihat teladan Yesus yang datang justru sebagai hamba yang mengunjungi umatNya:


1.      BERSIKAP SEBAGAI SEORANG PELAYAN.

42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.


Dalam terjemahan KJV disebut my servant yang berarti pelayanKU. Yesus hadir di dunia sebagai pelayan Bapa dengan cara mengosongkan diriNya dari atribut ilahi: Filipi  2:7 “melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Itulah sebabnya Allah sungguh berkenan kepadaNya.” Yesus dengan rela menanggalkan atribut ilahiNya dan mengambil rupa sebagai manusia sama seperti kita. ini adalah satu bentuk pengabdian yang tertinggi ketika seorang Tuan dan segalanya rela mengambil tempat sebagai palayan bagi hamba-hambanya.

Inilah yang sulit kita temukan dalam dunia yang egosentris. Manusia melayani dirinya sendiri dan tidak peduli orang lain. Dalam lingkup keluarga kita bertemu dengan anggota keluarga yang sibuk mempertahankan posisi masing-masing. Suami merasa hebat dengan jabatan kepala keluarga sehingga menindas istri. Istri merasa memiliki hak azasi sehingga tidak merasa perlu tunduk pada suami. Anak-anak memberontak pada otoritas orang tua.

Yesus lahir dan memberi teladan yang sungguh berbeda dengan apa yang dikejar manusia. Yesus yang adalah pemilik dari segala sesuatu, justru meninggalkan haknya dan mengambil tempat sebagai pelayan. Natal ini seharusnya mendorong kita untuk kembali kepada panggilan kita yaitu melayani. Melayani sesama dengan kasih. Karena hanya dengan semangat itulah, maka kita dapat efektif menjanggkau jiwa-jiwa bagi Kerajaan Allah.


2.      BUKAN PRIBADI YANG HAUS PUBLIKASI

42:2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan.
Ketika Yesus melayani, kita mengetahuinya melalui Injil, tidak pernah sekalipun Ia menginginkan promosi. Ia bahkan selalu berusaha untuk menyembunyikan segala kebaikan dan kebajikan yang dikerjakananNya.  Ia tidak sombong namun rendah hati dalam setiap langkahNya. Ia juga tidak memanfaatkan posisinya untuk mengambil keuntungan pribadi, tetapi memberikan segala sesuatu untuk kebaikan umatNya.

Manusia yang hidup di zaman ini sungguh ironis. Manusia berlompa memasang iklan, memperomosikan diri, mengangkat diri sendiri, dan lain sebagainya untuk mendapatkan penghormatan, pengakuan, dan atau jabatan tertentu. Yang sungguh menyedihkan adalah ada orang yang memproklamasikan dirinya rasul atau nabi? Manusia menjadi tamak dan serakah. Manusia tidak merasa malu untuk berbuat curang hanya untuk sekedar mendapat pujian atau pengakuan. Tidak terkecuali dengan orang-orang yang mengunjungi gereja. Kita sedang berhadapan dengan kejahatan terselubung dari para mafia pelayanan yang dengan buasnya menghimpit dan mematikan pelayanan lain dengan kemampuan finasial, kemampuan khotbah, dan keterkenalan mereka.

Ini sunggguh berbeda dengan keheningan malam natal di Betlehem. Yesus lahir bahkan hanya di kandang domba. Tempat tidurNya pun hanyalah palungan tempat kambing domba minum. Selimutnya hanya lampin dingin. Tidak ada iklan atau selebaran. Yang ada adalah lagu malaikat dan tanda bintang yang hanya dapat di mengerti oleh segelintir orang. Namun pun demikian, kelahiranNya telah mengguncangkan surga dan seluruh peradaban manusia.

Sekarang kita mengerti bahwa rahasia untuk mendapatkan promosi adalah memiliki hati sebagai seorang pelayan: (Matius  20:27) “dan barangsiapa ingin menjadi terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hambamu;” Tanpa gembar-gembor kalau kita talah memiliki hati pelayan, maka promosi akan datang.


3.      PENUH BELAS KASIH

42:3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.
Yesus sungguh pribadi yang luar biasa. Dia penuh dengan belas kasih. Dia tidak menghakimi bahkan dosa yang terang-terang sudah dilakukan. Seperti perempuan yang kedapatan berjinah dan hendak di rajam dengan batu. Yesus mengajarkan kita bahwa untuk menyelamatkan seseorang, kita harus berani mengampuninya sehingga sumbu yang pudar itu akhirnya dapat bersinar terang lagi. Yesus tidak sekalipun mengajarkan kita untuk menghakimi (Matius 7:1-2)

Yesus adalah Gembala yang baik karena dengan rela memberikan nyawaNya untuk menyelamatkan domba-dombaNya: (Yohanes  10:11, 14) “Akulah gembala yang baik. Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya; Akulah gembala yang baik dan Aku mengenal domba-domba-Ku dan domba-domba-Ku mengenal Aku.” Seharusnyalah kita digerakkan oleh belas kasih dalam seluruh aktifitas kita. Mulai dari keluarga, gereja, hingga masyarakat luas. Gereja seharusnya mengalirkanbelas kasih yang nayta khususnya di hari natal ini.


4.      BERDIRI TEGUH UNTUK KEBENARAN

42:4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.

Yesus setia sampai mati di kayu salip dan tidak berubah oleh tawaran atau godaan apapun. (Matius 4) Yesus tidak berubah karena godaan kebutuhan jasmaniah walaupun kita tahu semua bahwa Yesus tidak memiliki lumbung persediaan gandum tetapi kita tahu setiap hari Dia selalu mendapatkan roti untuk kebutuhan jasmaniahNya.

Godaan kebutuhan jasmaniah tidak membuat Dia berubah. Keangkuhan dan kesombongan sering menjadi jerat dan mematikan karakter Kristus dalam diri kita seiring dengan perubahan dalam tingkat kesejahteraan kita. Seringkali kita terjebak dalam kemakmuran dan akhirnya menjadi berubah. Yesus mengajarkan agar kita tidak berubah seturut pertumbuhan dan perkembangan kita. seperti Yesus yang setia sampai akhir dan tidak berubah dalam kebenaran sampai mati, kita yang merayakan natal ini pun hendaknya jangan berubah oleh apapun dengan berpegang teguh pada firmanNya. Amin

INTISARI khotbah Pdt. Joshua M. Sinaga, S.Th pada Ibadah Perayaan Natal 23 Desember 2007 Hati Nurani Ministries Jakarta

Tidak ada komentar:

Posting Komentar