Minggu, 13 Oktober 2013

SEPULUH CIRI-CIRI MANUSIA PENJILAT

10 CIRI-CIRI MANUSIA PENJILAT
Oleh: Ps Joshua Mangiring Sinaga, M.Th 



Sahabat mau tau apa ciri-ciri orang-orang penjilat? Mereka adalah sekelompok orang yang targetnya hanya memanfaatkan anda. Mereka bisa saja ada di dalam komunitas anda. Inilah 10 ciri-cirinya:

1. Mereka tidak takut melakukan dosa dan berkutat/berkubang disana (Hosea 7:2 Dan tidak terpikir mereka bahwa Aku mengingat segala kejahatan mereka. Sekarang pun perbuatan-perbuatan mereka mengepung mereka, semuanya ada di hadapan wajah-Ku.)

2. Mereka bermuka dua, manis dihadapan anda tapi pahit dibelakang anda. (Hosea 7:3 Mereka menyukakan raja dengan kejahatan mereka, dan para pemuka dengan kebohongan mereka.)

3. Mereka akan menjual apa saja demi mencapai tujuan. (Hosea 7:4 Sekaliannya mereka orang-orang berzinah, bagaikan dapur perapian yang menyala terus, ketika tukang bakar roti berhenti membesarkan apinya, sementara ia meremas adonan sampai menjadi muai oleh ragi.)

4. Mereka ahli dalam menjebak dan menjatuhkan. (Hosea 7:5 Pada pesta raja kita mereka membuat sakit para pemuka dengan anggur yang menghangatkan; ia bersekutu dengan para pencemooh.)

5. Hati mereka penuh dendam dan angkara murka. (Hosea 7:6 Batin mereka seperti dapur perapian; hati mereka menyala-nyala; semalam-malaman murka mereka surut, pada waktu pagi menyala kembali seperti api yang menjilat.)

6. Mereka sesungguhnya tidak perduli siapapun selain diri mereka sendiri. (Hosea 7:7 Mereka semua sudah panas seperti dapur perapian, dan memakan habis para hakim mereka. Semua raja mereka sudah tewas, tidak ada seorang di antara mereka yang berseru kepada-Ku.)

7. Mereka akan bersekongkol dengan siapa saja termasuk orang-orang yang jelas-jelas mereka anggap musuh. (Hosea 7:8 Efraim mencampurkan dirinya di antara bangsa-bangsa, Efraim telah menjadi roti bundar yang tidak dibalik.)

8. Mereka tidak tahu malu dan tidak tau diri. (Hosea 7:9 Orang-orang luar memakan habis kekuatannya, tetapi ia sendiri tidak mengetahuinya; juga ia sudah banyak beruban, tetapi ia sendiri tidak mengetahuinya.)

9. Hampir dalam segala hal, mereka adalah ahli sandiwara yang egois. (Hosea 7:10 Kecongkakan Israel menjadi saksi terhadap dirinya, namun mereka tidak berbalik kepada TUHAN, Allah mereka, dan tidak mencari Dia kendati semuanya ini.)

10. Sesungguhnya mereka orang-orang tolol namun merasa cerdas. (hosea 7:11 Efraim telah menjadi merpati tolol, tidak berakal, dengan memanggil kepada Mesir, dengan pergi kepada Asyur.)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar